src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Fenomena Gerhana Matahari


gerhana matahari total
                                               Gerhana Matahari Total ( solar eclipse )
Fenomena Gerhana MatahariGerhana matahari adalah fenonena alam biasa. Peristiwa ini terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Proses tertutupnya matahari oleh piringan bulan. Itu sudah terjadi sejak tata surya terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu.
Saat gerhana matahari, bulan berada di antara matahari dan bumi. Itu berarti gerhana selalu terjadi saat fase bulan baru. Namun, tidak setiap bulan baru terjadi gerhana karena bidang orbit bulan mengelilingi bumi miring 5,1 derajat terhadap bidang orbit bumi mengelilingi matahari. Gerhana matahari hanya terjadi ketika matahari dan bulan terletak di orbit bulan dan bumi.
Dalam setahun, matahari dan bulan di dekat titik simpul bisa terjadi beberapa kali. Karena itu, gerhana bisa terjadi 4-7 kali dalam setahun yang terdiri atas beberapa komposisi gerhana matahari dan bulan. Khusus untuk gerhana matahari, setahun bisa 2-5 kali, baik berupa gerhana matahari total, cincin, dan sebagian.
Meski peluang terjadinya gerhana matahari sama dengan gerhana bulan, gerhana matahari lebih istimewa karena hanya sebagian kecil wilayah di permukaan bumi yang bisa menikmatinya. Sementara gerhana bulan bisa dinikmati di seluruh permukaan bumi yang mengalami malam.

Itula beberapa fakta tentang Fenomena Gerhana Matahari.  Terima kasih atas kunjungannya.

Sumber : kompas

kalau berkenan silakan baca postingan saya Kumpulan Soal SBMPTN 2016