Saturday, February 27, 2016

Internet: Tidak Boleh Dimusuhi

Tags


sisi positif internet
Internet positif
Selamat pagi Indonesia ! Selamat pagi sobat blogger! Mumpung hari minggu dan ada waktu luang, saya mau membahas topik yang saya rasa sudah tidak asing lagi di telinga kita. Yapp, Internet! Siapa yang tidak kenal dengan Internet? Kita semua pasti mengenal Internet, kalau tidak kalian tidak mungkin sampai pada postingan ini hehe 

Bisa dikatakan, Internet itu adalah sebuah 'alat super' yang sangat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Contohnya saja, saya sendiri kalau ingin mengetahui jadwal tayang film, saya selalu meminta bantuan mbak Internet, juga pada saat kita ingin melihat skor olahraga terbaru, kita bisa lihat di Internet :D contoh lainnya, kalau kita sedang ada tugas sekolah/kampus, kita biasa menggunakan internet untuk mencari referensi-referensi yang kita butuhkan. Dengan Internet, kita juga bisa mengetahui kondisi belahan dunia manapun dengan mudah. Bahkan kita bisa mencari teman (jodoh) di Internet melalui jejaring sosial, tanpa ada batasan jarak dan waktu wkwk luar biasa bukan?!

Namun, kalau bicara soal internet, tidakla semuanya positif. Ada hal positif, pasti ada juga hal negatifnya. Contohnya, Internet memuat segala jenis konten/informasi, baik itu konten yang kita butuhkan maupun yang tidak kita butuhkan, yang terpercaya maupun yang tidak terpercaya, jadi sangat sulit bagi kita untuk menemukan referensi-referensi yang kredibel di Internet. Oleh karena itu, kita harus lebih teliti. Internet juga tidak membatasi penggunanya, baik itu pria atau wanita, baik itu orang tua ataupun anak muda, bahkan anak di bawah umur pun bisa mengakses Internet dengan mudah, dan dengan Internet kita juga bisa dengan mudah menemukan konten-konten yang berbau negatif seperti pornografi misalnya. Tentu saja ini sangat berbahaya bagi anak, oleh karena itu kita harus pandai-pandai dalam penggunaanya. Dan sebagai orang tua, kita wajib menjaga buah hati kita dari dampak negatif yang disebabkan oleh internet. Namun jangan terlalu mengkekang si anak, karena itu bisa membatasi kreatifitas anak. Dan masi banyak lagi sisi negatif dari internet seperti mengubah gaya hidup menjadi instan, judi online, serta penipuan secara online, dll.

Itula beberapa kajian mengenai sisi positif dan negatif dari Internet. Pada dasarnya Internet itu baik. Yang perlu kita ketahui, semua hal mempunyai sisi positif dan negatif. Semuanya berbalik kepada kita, bagaimana kita bisa memaksimalkan hal positifnya dan bagaimana meminimalkan hal negatifnya. Kita juga tidak bisa bermusuhan dengan Internet. Oleh karena itu kita harus bijak dalam penggunaannya.
Buat agan-agan yang ingin berkomentar, silakan. Mungkin ada yang ingin ditambahkan lagi hehe kita bisa kok bertukar pikiran disini, hitung-hitung menambah ilmu hehe

26 komentar

sip boss,,kalo menurut ane internet sudah menjadi salah satu bagaian hidup
ini lagi belajaran boss http://www.tipshardi.tk/

hahaha...iya ane juga,internet merupakan salah satu tempat curhat

Hehe iya sob bener banget. Mau mati rasanya kalo ga pake internet sehari aja :D btw, thanks sob kunjungannya. Siap meluncur ke blog sobat :D

Heheh iya sob. Terkadang lebih enak curhat sama internet dibanding sama orang :D thanks kunjungannya sob :)

Saya setuju dengan anda, yang namanya Internet sekarang sudah hampir menjadi suatu kebutuhan. Dan sudah pasti para pendidik seperti saya pun tidak bisa lepas dengan yang namanya Internet...
So yg harus kita lakukan sekarang adalah berusaha mempergunakan internet sebisa dan seposistif mungkin, karena seperti yang anda katakan diatas tidak semua yang kita dapatkan di Internet Positif ...

Benar sekali pak. Semuanya tergantung kita bagaimana menggunakannya sebijak mungkin. Btw, terimakasih pak kunjungannya. Salam blogger

tidak internetan sehari saja. sudah membuat saya bimbang

This comment has been removed by the author.

Wkwk iya gan, begitu besar peran internet di kehidupan sehari-hari

Harus prevent meskipun internet merupakan bagian penting dalam hidup. Internet positif harus segera ditingkatkan. Tak hanya itu filter SPAM pada facebook juga harus dikuatkan karena ada banyak artikel pornografi bertebaran disana

Setuju gan. Harus ada tindakan2 preventif. Apalagi kan pengguna internet bukan cuma org dewasa

Iye gan, ane biasanya kalo lagi galau trs internetan ga galau lagi hahaha

Rasanya jaman skg internet itu bagaikan candu.. Haha.. kalo balik ke jaman batu ga tau bs gak ya.. Skg aja kalo kuota habis super galau langsung

Wkwkw iya gan, rasanya mending ga punya pacar daripada ga punya kuota :v

Sehari tanpa internet hampa gan :(

klo menurut w, internet itu kaya air sob.. bisa bermanfaat kalo dipake sesuai kebutuhan tapi jg bisa jadi bencana kalo dipake yang ngga ngga :)
( aku kamu ) = kita
kita membutuhkan internet :D :v

Setuju banget gan. Yg berlebihan itu ga ada yg baik, semuanya haruslah sesuai kadarnya. Btw, bisa ngelucu juga ya gan wkwkw :v

Wkwkwk udah ngalah-ngalahin pacar aja ya gan :v

This comment has been removed by a blog administrator.

yang ane tau internet mah menyenangkan gan :v, btw nice post :D