Wednesday, March 9, 2016

Fenomena Gerhana Matahari

Tags


gerhana matahari total
                                               Gerhana Matahari Total ( solar eclipse )

LIHAT JUGA : Cara Download Tema Line GRATIS pakai LINE Mod !

Fenomena Gerhana MatahariGerhana matahari adalah fenonena alam biasa. Peristiwa ini terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Proses tertutupnya matahari oleh piringan bulan. Itu sudah terjadi sejak tata surya terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu.
Saat gerhana matahari, bulan berada di antara matahari dan bumi. Itu berarti gerhana selalu terjadi saat fase bulan baru. Namun, tidak setiap bulan baru terjadi gerhana karena bidang orbit bulan mengelilingi bumi miring 5,1 derajat terhadap bidang orbit bumi mengelilingi matahari. Gerhana matahari hanya terjadi ketika matahari dan bulan terletak di orbit bulan dan bumi.
Dalam setahun, matahari dan bulan di dekat titik simpul bisa terjadi beberapa kali. Karena itu, gerhana bisa terjadi 4-7 kali dalam setahun yang terdiri atas beberapa komposisi gerhana matahari dan bulan. Khusus untuk gerhana matahari, setahun bisa 2-5 kali, baik berupa gerhana matahari total, cincin, dan sebagian.
Meski peluang terjadinya gerhana matahari sama dengan gerhana bulan, gerhana matahari lebih istimewa karena hanya sebagian kecil wilayah di permukaan bumi yang bisa menikmatinya. Sementara gerhana bulan bisa dinikmati di seluruh permukaan bumi yang mengalami malam.

Itula beberapa fakta tentang Fenomena Gerhana Matahari.  Terima kasih atas kunjungannya guys.

Sumber : kompas

kalau berkenan silakan baca postingan saya Kumpulan Soal SBMPTN 2016

LIHAT JUGA : Cara Download Tema Line GRATIS pakai LINE Mod !

Aku adalah aku, aku bukan kamu, aku juga bukan dia atau mereka, aku tetaplah aku

18 komentar

waaah tadi kesiangan ga sempet liat gerhana matahari, harus nunggu puluhan tahun deh -__-

Wkwk haduh sayang sekali gan. Kalo gitu liat youtube aja gan wkwk

wahhh ternyata itu tuh fenomena terjadinya gerhana matahari,jadi nambah ilmu nih gan ane tentang fenomena gerhana matahari hehe

Hehe disini kita berbagi ilmu gan. Btw, sering2 mampir ya gan

sip mas mantap https://lh5.googleusercontent.com/-_NHYkuf5bZg/T2WEjOhTIxI/AAAAAAAACcg/76qRE27R_ig/s36/30.gif

nice post lah (y)
visit back ya http://www.top-rumah.id/

Sempet melihat beritanya dari TV gan soalnya dari kota Tulungagung Matahari panas seperti biasa

Bagus.. bagus.. tambah ilmu.. hehe

Kalo saya ketinggalan waktu itu, jadi ga sempet sial :(

Wah saya enggak lihat gerhana nih, gak ada fotonya kah ?

tempat ane gak mencakup gan :D jadi pas gerhana ane lagi mimpi :D

wah sayang sekali gan. banyak kok fotonya gan di sosial media hehe
https://lh3.googleusercontent.com/-mCsZPeixHvA/T2WEWivv9FI/AAAAAAAACZw/64ZGRgdlDeg/s36/02.gif

wkwk di tempat saya juga cuma dapat gerhana sebagian gan

Untung ane liat tadi gerhana matahari