Thursday, January 24, 2019

7 Strategi Raih Beasiswa Luar Negeri yang Harus Kamu Siapkan!

Cara mendapatkan beasiswa luar negeri

Cara mendapatkan beasiswa luar negeri S1 - Saat ini menempuh pendidikan ke luar negeri bukanlah hal yang tidak mungkin lagi mengingat banyaknya peluang beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah baik swasta maupun luar negeri. Jadi buat kamu yang berekonomi "pas-pasan" namun memiliki mimpi untuk melanjutkan atau daftar kuliah di luar negeri tidak perlu pesimis lagi.

Beasiswa yang ditawarkan beragam, ada yang full dibiayai dan ada yang parsial/setengah, dimana calon penerima beasiswa juga harus menanggung setengah dari biaya sekolah dan kehidupannya di luar negeri. Buat kamu para pemburu beasiswa sebaiknya rajin-rajin mencari artikel-artikel mengenai cara kuliah di luar negeri gratis. Saat ini, teknologi sudah sangat maju, tidaklah sulit untuk kamu mencari informasi-informasi seputar beasiswa, seperti beasiswa luar negeri jerman, LPDP dan sebagainya.

Mengenai beasiswa full dan parsial, biasanya beasiswa full lebih banyak diburu pelajar-pelajar Indonesia. Semua tawaran beasiswa itu bisa saja gratis namun untuk mempersiapkan dan memenangkannya kamu butuh proses yang tentunya tidak gratis. 

Baca Juga: 



Untuk mendapatkan beasiswa luar negeri gratis, ada harga yang harus kamu bayar untuk menyiapkan semuanya. Mulai dari persiapan bahasa sampai pengurusan pasport. Jadi walaupun dikatakan gratis, bukan berarti kamu tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Harga yang saya katakan di atas bukan cuma berbentuk materil, ada harga non materil (baca: kerja keras dan dedikasi). 

Jadi buat kamu para pemburu beasiswa, mulai sekarang sudah bisa mempersiapkan diri matang-matang karena sejatinya keberuntungan adalah saat kesempatan bertemu dengan kesiapan. Sebagai tambahan, terutama buat kamu yang masih duduk di bangku SMA, rajin-rajinlah belajar karena ada juga jalur beasiswa luar negeri dengan nilai rapor.

Bagi kamu yang benar-benar niat untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, ini tentu saja bukanlah hal yang menyulitkan. Berikut ini beberapa cara kuliah di luar negeri gratis yang bisa kamu terapkan untuk memperlancar jalanmu meraih beasiswa di luar negeri. 

Motivasi 

Hal yang paling penting adalah motivasi yang sangat kuat dari dalam diri. Tak ada yang tak mungkin bila kita yakin dengan kemampuan kita. Saat kita punya impian melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan sendirinya kita akan berjuang untuk merealisasikan hal itu. Motivasi yang hadir dalam diri itu ibarat avtur yang bisa menggerakan mesin pesawat. Ia akan menjadi landasan semangat kita merealisasikan impian. 

Sudah punya pilihan program studi yang ingin dipelajari

Sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri sebaiknya kamu tentukan terlebih dahulu universitas dan program studi apa yang akan kamu bidik. Sia-sia kalau kamu mencari informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa luar negeri kalau kamu   tidak tahu kemana tujuanmu. Saat siap melanjutkan pendidikan dengan program beasiswa kamu sudah harus punya pilihan program studi yang kamu tuju. Biasanya sponsor beasiswa akan memintamu menuliskan rencana belajarmu. Saat kamu sudah punya tujuan, ini tentu akan memudahkan langkahmu membuat perencanaan belajar dan membuat sponsor beasiswa yakin pada komitmenmu. 

Jiwa Kepemimpinan yang oke

Punya jiwa kepemimpinan juga jadi salah satu syarat yang harus kamu miliki saat aply beasiswa. Hal ini dikarenakan sponsor beasiswa hanya mencari orang-orang terpilih yang bisa memange dirinya dan orang lain. Saat kamu punya kemampuan leadership yang baik ini akan menjadi nilai tambah untukmu. 

Kemampuan Bahasa Asing

Kemampuan bahasa asing mutlak diperlukan untuk kamu yang mengincar beasiswa di luar negeri. Gak heran jika banyak pemburu beasiswa yang rela membayar lebih untuk mengikuti kursus bahasa asing demi memperoleh nilai sertifikat yang sesuai dengan prasyarat universitas tujuan. Sponsor beasiswa pun juga menetapkan skor tertentu untuk kemampuan bahasa calon penerima beasiswa. Jadi buat kamu yang kemampuan bahasa asingnya pas pasan. Jangan menyerah untuk belajar ya, saat ini banyak kursus bahasa asing yang bisa kamu ikuti baik ofline maupun online. Biasanya biaya kursus online lebih murah namun kurang efisien. 

Pengalaman Organisasi

Salah satu syarat yang diminta sponsorship beasiswa adalah pengalaman organisasi. Mereka akan mengukur seberapa aktiv keterlibatan dan kontribusi kamu terhadap masyarakat. Biasanya semakin banyak pengalaman organisasi yang kamu miliki, semakin besar pula peluangmu untuk mendapatkan beasiswa. 

Punya rekomendasi

Rekomendasi dari seseorang yang punya pengaruh di bidang pendidikan juga menjadi salah satu syarat pengajuan beasiswa. Biasanya rekomendasi dari dosen tempat kamu menuntut ilmu dan rekomendasi dari salah satu dosen yang tertarik dengan judul penelitianmu di Universitas tujuan bila kamu sudah mendapatkan Loa. Namun untuk mendapatkan rekomendasi ini bukanlah hal yang mudah loh!, kamu harus bersabar menghadapi kesibukan dosen. 

Siapkan Curriculum Vitae yang menarik

Curricullum Vitae ternyata tidak hanya dibutuhkan di dunia kerja saja, saat aply beasiswa pun sponsorship akan membaca curriculum vitaemu dengan jelih. Untuk itu isi waktu luangmu dengan berbagai kegiatan sehingga kamu punya banyak pengalaman dan tentu saja bisa menambah baris curiculum viatemu. 


Itulah beberapa hal mengenai cara mendapatkan beasiswa luar negeri 2019, persiapkan diri kamu dan jangan lupa untuk berdoa, semoga keberuntungan menghampirimu.

This Is The Newest Post